Tuesday, December 27, 2016

PPI Waseda - Sosialisasi Universitas di SRIT


Jumat, 16 Desember 2016, PPI Waseda ikut dalam kegiatan sosialisasi Universitas dengan Persatuan Pelajar dari kampus lain di SRIT atas kerja sama PPI KANTO dengan Sekolah Republik Indonesia (SRIT) yang berlokasi di Meguro. Kegiatan tersebut memberikan sedikit gambaran kepada para siswa, terutama yang duduk di bangku SMA, tentang jenjang perkuliahan baik di Jepang maupun di Indonesia.


Dokumentasi PPI KANTO

Acara dibuka dengan sambutan dari Atase Pendidikan Ibu Alinda dan Kepala Sekolah SRIT Ibu Susi. Kemudian dilanjutkan oleh sesi materi oleh PPI Waseda, PPI Takushoku, PPI APU-INA, dan diteruskan dengan materi tentang PTN oleh Mas Lukman, dan terakhir oleh PPI TIU. Menarik untuk dilihat, bahwa jumlah peminat yang ingin melanjutkan sekolah di Jepang dan yang ingin melanjutkan pendidikan di Universitas yang ada di Indonesia hampir sama. Hasil didapatkan oleh survei yang sebelumnya diorganisir oleh PPI Kanto.

Sebagian besar dari mereka yang ingin melanjutkan di Indonesia semuanya bertujuan untuk masuk Universitas negeri, baik melalui jalur SNMPTN maupun jalur SBMPTN.  Karena SRIT berstatus setara dengan SMA negeri, maka pelajar-pelajar di SRIT memiliki kesempatan yang cukup baik untuk bersaing di jenjang SNMPTN. Mengingat sulitnya persaingan di ranah SBMPTN karena tingginya peminat untuk kuliah di PTN, acara tersebut mengadakan sesi khusus tentang penjelasan PTN serta tips dan trik dalam menghadapi kedua jalur masuk PTN tersebut. Kegiatan sosialisasi Universitas yang diselenggarakan di SRIT merupakan sesuatu yang luar biasa bagi PPI Kanto dan pihak sekolah untuk mengadakan kerjasama yang bermanfaat.  Tetapi, menurut saya pribadi masih ada yang dapat ditingkatkan lagi untuk acara seperti ini, tidak hanya di SRIT, tapi mungkin bermanfaat bagi pelajar-pelajar di Indonesia pada umumnya.

Terdapat sebuah persamaan yang bisa ditarik dari mereka yang ingin belajar di Jepang maupun di Indonesia adalah hampir semua dari mereka belum benar - benar mengetahui jurusan apa yang ingin mereka pilih!.  Padahal  pendaftaran Universitas di Jepang (saya disini mengambil contoh Waseda) sudah menutup pendaftaran gelombang pertamanya, dan akan memulai pendaftaran gelombang kedua pada sekitar bulan Februari. Mengingat saya juga baru mengalami  hal yang sama tahun lalu, saya cukup mengerti bahwa memilih jurusan jauh lebih sulit daripada menentukan Universitas yang akan menjadi tujuan studi. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan saat acara berlangsung, sebagian mengenai jurusan seperti, “Jurusan A belajar apa? Kalau lulus dari jurusan B, kita bisa bekerja di bidang apa?.  Dan untungnya perwakilan dari PPI Kanto  dapat memberikan informasi yang cukup kepada para peserta. Disini saya melihat bahwa sebagian besar dari masalah yang dihadapi para calon pendaftar  Universitas adalah tentang jurusan.


Dokumentasi PPI KANTO

Kegiatan terakhir ditutup dengan kata penyemangat oleh Ibu Susi, tentang bagaimana pada akhirnya yang menentukan masa depan siswa adalah semangat siswa itu sendiri, dan untuk selalu terus mengejar mimpi mereka masing-masing. Semoga kegiatan seperti ini dapat dilanjutkan dan ditingkatkan lagi karena sangat bermanfaat bagi pelajar  SRIT yang akan segera memasuki jenjang pendidikan di Universitas.

Oleh:  Alvin Jurianto dan Made Ayu Sayaka

Candidate of Bachelor of School of International Liberal Studies

No comments:

Post a Comment