Monday, June 6, 2016

Indonesian Scholars Discussion Series bersama Prof. Wiranto Arismunandar, MSME.


Pada tanggal 21 May 2016, Perkumpulan Pelajar Indonesia mendapatkan kesempatan untuk mendengarkan pengalaman hidup dan motivasi dari sosok yang sangat berpengaruh pada pendidikan Indonesia. Diadakan di Waseda University, kedatangan Prof. Wiranto yang sangat pas dengan waktu liburan beliau ke Jepang disambut hangat oleh pelajar Indonesia. Walaupun di umur beliau yang sudah tidak mudal agi, namun semangat beliaulah yang patut ditiru oleh para pelajar Indonesia. Kedatangan beliau memberikan pencerahan tentang bagaimana cara kita sebagai pelajar Indonesia memanfaatkan kesempatan yang sangat berharga untuk belajar di luar negri.

Prof Wiranto menjelaskan bahwa sebagai pelajar yang baik kita tidak saja harus belajar dari sebuah institusi namun pelajarilah sebuah budaya di negri asing. Walaupun tidak semua budaya asing positif disinilah kita ditantang untuk pintar memilih dan mengadopsi budaya yang positif untuk diterapkan di Negara sendiri. Tidak hanya itu, beliau berulang kali mengingatkan kita untuk bukan hanya hear namun kita juga harus listen dari pengalaman orang di sekitar kita. Dengan listen kita bukan hanya mendengarkan namun juga memahami untuk dapat mempelajarinya.

Pesan prof Wiranto yang selalu teringat adalah “jadilah orang pintar yang rendah hati, tidak ada yang senang dengan orang pintar yang sombong”. Jika semua orang pintar rendah hati dan tidak selalu merasa benar, akan ada kemajuan pada pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik.





Oleh: Fara Djuchri

No comments:

Post a Comment