Thursday, July 14, 2016

Buka Puasa Bersama Warga Waseda

Assalamualaikum wr.wb. Warga Waseda ceria
Konnichiwa

Tak terasa kita telah memasuki Bulan Suci Ramadhan 1437 H. Dalam rangka mengisi bulan suci ini, PPI Waseda menyelenggarakan kegiatan buka puasa bersama dengan mengundang seluruh mahasiswa asing di Waseda, baik yang muslim maupun non muslim. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia, khususnya pada saat Bulan Ramadhan karena pada bulan ini biasanya masyarakat Indonesia akan mengisinya dengan berbagai macam kegiatan dan acara yang tidak diselenggarakan pada bulan-bulan lainnya, seperti pasar takjil dadakan dan sholat taraweh yang dilaksanakan setiap hari sehingga masjid menjadi ramai dengan kegiatan ibadah. Perayaan Hari Raya Idul Fitri atau yang lebih dikenal dengan sebutan "Lebaran", biasanya identik dengan baju baru, ketupat, makanan khas lebaran dan kue kering Lebaran. Dan tidak ketinggalan prosesi bermaaf  - maafan atau "sungkeman" sebagai puncak dari acara lebaran. Oh ya jangan lupa nih, budaya pulang kampung yang juga membawa keistimewaan sendiri dari acara Lebaran.

Semua  keistimawaan bulan Ramadhan dan Lebaran inilah yang dikemas oleh PPI Waseda dengan apik dan diperkenalkan kepada mahasiwa asing melalui acara ini. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 16 Juni 2016 bertempat di Haraguchi Memorial Room, GSAPS, Waseda. Acara ini menarik perhatian kurang lebih 40 mahasiswa  asing, baik muslim maupun non muslim. Acara dimulai dengan pemutaran film berjudul Laskar Pelangi, film yang mengisahkan kehidupan sekelompok anak - anak di pulau Belitung pada masa kejayaan PN.Timah. Film tersebut dipilih karena dapat menggambarkan semangat menuntut ilmu dalam keterbatasan anak - anak Indonesia di pulau terpencil dengan latar belakang budaya Islam yang cukup kental. Film tersebut juga menggambarkan keindahan alam Indonesia khususnya pulau Belitung yang masih belum banyak dikenal oleh masyarakat internasional.


Dokumentasi PPI WASEDA

Selain itu, juga ditampilkan cuplikan iklan yang khas Ramadhan dengan penjelasan yang cukup humoris. Dan untuk melengkapi acara buka puasa bersama, pada saat Adzan Maghrib telah tersedia cemilan khas Indonesia dan teh manis hangat (teh khas Indonesia, tentunya). Beberapa cemilan khas Ramadhan seperti kurma, keripik tempe, keripik singkong makicih, lapis legit,  kue nastar, lapis Surabaya, dan kacang yang dapat mengantarkan perkenalan mengenai Indonesia dan juga sebagai pembuka puasa tentunya. Acara ini dirancang dengan konsep santai dalam kelompokkelompok kecil agar mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia dapat  berbaur dan berdiskusi dengan hangat. Pertanyaan dan obrolan mengenai bagaimana budaya Indonesia, apa itu Islam, serta pertanyaan mengenai makanan khas yang terhidang membuat acara berjalan dengan baik dan penuh kekeluargaan.


Dokumentasi PPI WASEDA

Acara - acara seperti ini perlu untuk diadakan dengan rutin sehingga Indonesia yang kaya dengan budaya dan keragamannya akan semakin dikenal oleh mahasiswa dan non mahasiswa asing. Tak Kenal Maka Tak Sayang. Peribahasa itulah yang membuat wajahwajah penuh senyum mahasiswa PPI Waseda selalu bersemangat memperkenalkan Indonesia dan dengan bangga memperkenalkan diri. Watashiwa Indonesiajin desu.


Dokumentasi PPI WASEDA


Oleh: Anisah Alfada 

No comments:

Post a Comment