Monday, July 4, 2016

Kuma FC @Tokodai Cup 2016


KUMA FC (Tim Perwakilan PPI WASEDA)
Bertanding di TOKODAI CUP 2016

Pada tanggal 5 Mei 2016, warga Waseda mengikuti “TOKODAI CUP 2016”, yaitu kegiatan turnamen futsal tahunan untuk mahasiswa Indonesia di daerah Kanto dan sekitarnya yang diadakan di Tokyo Institute of Technology (Tokodai). Sekitar 10 pemain wakil dari PPI Waseda membentuk tim dengan nama “Kuma FC”. Kami semua bukan pemain futsal yang handal, jadi tujuan kami mengikuti turnamen ini hanya untuk berolahraga dan have fun antar sesama warga Indonesia.

Berhubungan di Waseda tidak ada lapangan yg bisa digunakan dengan bebas, kami berlatih hanya sekali di Tokodai, sparring melawan tim-tim lain yang juga akan berpartisipasi di Tokodai Cup 2016. Bukan latihan serius sih, hanya sparring saja, tidak ada strategi khusus, karena menurut kami turnamen ini hanya “for fun”.



Dokumentasi PPI WASEDA

Setelah sekitar seminggu berlatih, dimulailah turnamen yang telah dinanti-nantikan ini. Kami berkumpul di lokasi sekitar pukul 9 pagi bersama dengan peserta lainnya. Rangkaian acara dimulai dengan acara pembukaan sebelum pertandingan resmi dimulai pada jam 10. Lalu setelah milihat jadwal, ternyata kami akan langsung bermain. “Alrightt, let’s do this!” pikirku. Lalu pertandingan dimulai. Setelah sekitar 3 menit, Andre – siswa Tokyo Denki University yang berhasil aku rekrut ke Kuma FC, mencetak gol ke gawang lawan. “Wah akhirnya kutukan telur kita pecah” pikirku, karena tahun lalu kita tidak mencetak gol sama sekali selama turnamen di Tokodai Cup 2015 (malu banget). “Tapi kan yang ngegolin bukan anak waseda, jadi belum pecah nih” kata si Ruben. Wah benar juga sih, berarti kami masih harus kerja keras lagi di turnamen ini. “Priit” pertandingan selesai dengan kemenangan Kuma FC 3-1 hasil Hat-Trick dari si Andre.

Setelah beberapa lama, kita bermain lagi melawan NDA, sekolah militer, dan seperti biasa karena si Andre memang lebih handal dari pemain Kuma FC lainnya, kita menang dengan skor 2-1, lagi-lagi kedua gol ini dicetak oleh diaAndre. Senang sih menang, tapi kami blom puas karena pamain Waseda blom ada yang mencetak gol. Lalu di game selanjutnya, kami melawan SRIT FC, tim yang menjadi favorit untuk menjuarai turnamen ini, dan as expected kita kalah cukup jauh dengan skor 1-5. Game selanjutnya adalah melawan Chiba FC, game terakhir di babak grup. “Oke, di game ini aku akan mencetak gol” pikirku. Pertandingan dimulai dan seperti biasa si Andre mencetak gol sehingga kedudukan 1-0 untuk Kuma FC.



Dokumentasi PPI WASEDA

Sesaat sebelum babak pertama berakhir, kami menyerang dengan cukup baik dan mendapatkan kesempatan corner kick. Lalu Ruben mengambil ancang-ancang untuk corner kick, bola diumpankan ke arah depan gawang, lalu aku menyepaknya dengan kaki kanan dan “GOOOOOOOOLLLLLLLLLLLL”. Akhirnya gol pertama oleh warga waseda setelah 2 tahun semenjak terakhir warga Waseda Indonesia mencetak Gol tingkat regional. Dan babak pertama berakhir dengan kepuasan luar biasa oleh Kuma FC yang berhasil memecahkan telor. Pertandingan selesai dengan skor 3-0 untuk Kuma FC dengan ekstra 1 gol lagi oleh Andre di babak kedua. Babak grup berakhir, dengan Kuma FC berada di peringkat teratas klasemen grup, siap untuk melaju ke semi final melawan Keladi FC dari Sendai.

Pertandingan berlangsung sangat sengit dan selesai dengan skor 1-1, yang akan dilanjutkan ke penalty shootout. Beruntung kita memiliki kiper yang tangguh, yang berhasil mencegah 2 dari 3 penalti dari lawan, yang membuat kita menang penalti 2-1 (total skor 3-2) dan berlanjut ke babak final. “Luar biasa, dari awalnya hanya ingin have fun ehh masuk final” pikirku. Di babak final kita bertemu kembali dengan SRIT FC yang memang tak terkalahkan, dan kita kalah cukup jauh dengan skor 1-4, dah merekalah yang menjuarai turnamen tersebut. Selesai pertandingan, saatnya pembagian piala dan hadiah. Kami senang sekali bisa mendapat prestasi juara 2. Kami semua mendapat medali perak sebagai penghargaan, dan si Andre mendapat penghargaan top scorer serta MVP of the tournament. Benar-benar luar biasa teman kita satu ini, juga berkat dia kita bisa juara 2 (terima kasih, Andre).



Dokumentasi PPI WASEDA


Oleh: Michael Arianto

1 comment:

  1. OOo... jadi chief pencari bakatnya Kuma FC itu loe ye Mike? Mantap rekrutannya tahun ini. :-)

    ReplyDelete